Sayur dan Buah Terbukti Dapat Memperlambat Penuaan

by joe han
0 comment

KOMPAS.com – Jika Anda ingin menunda tanda-tanda penuaan, penelitian baru menunjukkan cara yang sederhana, yaitu makan sayur dan buah dengan warna hijau. Dengan makan lebih banyak brokoli, kubis dan alpukat misalnya, Anda bisa menangkal tanda-tanda penuaan.

Senyawa utama NMN (nicotinamide mononukleotida) yang terdapat di buah dan sayuran hijau membantu memperlambat tanda-tanda penuaan fisik dan dapat meremajakan metabolisme. Hasil ini didapati setelah peneliti melakukan percobaan pada hewan.

Konsumsi buah dan sayuran hijau dinilai mampu mengurangi tanda-tanda khas dari penuaan seperti masalah otot, fungsi hati yang buruk, kepadatan tulang yang lebih rendah, dan penurunan fungsi mata. Termasuk memburuknya insulin, fungsi kekebalan tubuh, berat badan, dan tingkat aktivitas fisik.

Profesor Dr Shin-Ichiro Imai di Washington University School of Medicine di St Louis mengungkapkan cara untuk memperlambat penurunan fungsi fisiologis yang terihat pada penuaan tikus. Tikus yang lebih tua memiliki metabolisme dan tingkat energi yang menyerupai tikus muda.

Dia mengatakan, langkah berikutnya adalah untuk melaksanakan uji klinis pada manusia di Jepang, untuk menguji keamanan NMN. Co-penulis senior asisten profesor Dr Juni Yoshino mengatakan, “Namun ketika kami memberikan NMN ke tikus muda, mereka tidak menjadi tikus muda yang lebih sehat.

Suplementasi NMN tidak berpengaruh pada tikus muda, karena mereka masih membuat banyak NMN dalam tubuh mereka sendiri.” Studi juga menemukan, tikus tua yang diberi NMN mengalami kenaikan berat badan stabil walaupun mereka mengonsumsi lebih banyak makanan. Ini mungkin karena metabolisme menghasilkan lebih banyak energi untuk aktivitas fisik. Tikus tua juga memiliki fungsi retina yang lebih baik, serta peningkatan produksi air mata, yang berkurang seiring dengan penuaan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sayur dan Buah Terbukti Dapat Memperlambat Penuaan”, Klik untuk baca: https://health.kompas.com/read/2016/11/02/160300523/sayur.dan.buah.terbukti.dapat.memperlambat.penuaan.
Penulis : Ayunda Pininta

You may also like

Leave a Comment