Sering bersin di pagi hari

by Wijanto T
0 comment

Bersin yang sering terjadi di pagi hari dapat disebabkan oleh rhinitis alergi ataupun rhinitis vasomotor.

Yang membedakan kedua kondisi tersebut adalah pemicunya. Rhinitis alergi dipicu oleh zat tertentu yang menyebabkan munculnya reaksi alergi (atau disebut alergen).

Alergen bisa bermacam-macam, misalnya saja kutu/tungau debu, spora jamur, serbuk sari bunga, ketombe binatang, dll.

Rhinitis alergi ini bisa muncul setiap kali anda terpapar dengan alergen, namun yang biasanya menyebabkan gejala rhinitis muncul di pagi hari adalah paparan dengan tungau debu di tempat tidur.

Pemicu rhinitis vasomotor adalah hal lain yang tidak berpotensi memicu reaksi alergi dalam tubuh, misalnya saja perubahan cuaca, udara dingin, konsumsi makanan yang panas ataupun pedas, konsumsi alkohol, paparan dengan iritan saluran nafas (seperti asap rokok, polusi udara), bau-bauan yang telalu kuat, obat-obatan tertentu, perubahan hormon, dll.

Gejala rhinitis vasomotor juga bisa muncul kapan saja, namun yang seringkali menyebabkan gejala rhinitis muncul di pagi hari adalah paparan dengan udara dingin.

Perbedaan lain dari kedua jenis rhinitis ini adalah pada rhinitis alergi biasanya didapatkan juga gejala-gejala alergi lain seperti gatal pada hidung, gatal pada mata, mata berair, tenggorokan gatal.

Pada rhinitis vasomotor, umumnya gejala gatal-gatal ini tidak ditemukan.

Sebaiknya anda mencoba membedakan terlebih dahulu kedua hal ini dan mencari pemicu bersin-bersin anda setiap pagi. Berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan:

  1. Bersihkan kamar anda dari debu, ganti sprei setiap minggu, bersihkan ranjang, bantal, guling, karpet dengan vacuum cleaner
  2. Bersihkan rumah anda dari jamur yang tumbuh di dinding rumah (biasanya tumbuh di tempat-tempat gelap dan lembab seperti di belakang lemari, belakang meja, belakang ranjang, dll
  3. Jauhkan diri anda dari hewan peliharaan untuk sementara waktu
  4. Bila anda sering merasa kedinginan di pagi hari, gunakan pakaian berlapis saat anda bangun dan gunakan selimut saat anda tidur

Oleh: dr. Irna

Sumber : https://www.alodokter.com/komunitas/topic/bersin-di-setiap-pagi-hari

You may also like

Leave a Comment