Tips Menghitung Asupan Kalori untuk Anak Usia Prasekolah

by joe han
0 comment

Salah satu cara untuk memastikan anak tumbuh sehat adalah dengan memberikan makanan dengan nutrisi yang cukup. Termasuk aturan makan anak usia prasekolah yang membutuhkan makanan bergizi untuk pertumbuhannya.

“Anak prasekolah Anda perlu makan makanan yang mudah dicerna dan kaya nutrisi dari empat kelompok makanan yang ditunjukkan di bawah ini. Selain tiga kali makan biasa, makanan dari kelompok yang berbeda dapat diberikan sebagai camilan dua hingga tiga kali sehari,” kata psikolog anak dr Richard Woolfson, Ph.D, PGCE, MAppSci, CPsychol, FBPsS., dalam Your Preschooler Bible.

Dikutip dari HaiBunda, berikut 4 kelompok makanan yang dimaksud:

1. Protein

Berikan 3 porsi harian daging, unggas, ikan, atau telur. Bisa juga ditambahkan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan, polong-polongan, atau buncis.

2. Produk diary

Setidaknya, berikan 1 cangkir susu bebas lemak. Produk susu juga bisa digantikan dengan 2 porsi keju rendah lemak atau yogurt bebas lemak.

3. Sayuran dan buah

Targetkan untuk memberi anak 2 porsi sayuran dan 3 buah segar, bisa dalam bentuk kalengan atau beku setiap hari. Buah dapat memberikan energi lebih banyak dibandingkan sayur, misalnya jus buah.

4. Produk biji-bijian dan makanan bertepung

Usahakan 1 porsi roti, jagung, nasi, biji-bijian sereal, atau sayuran bertepung. Buatlah beberapa porsi produk biji-bijian utuh, tetapi hindari tekstur yang kasar.

Kalori yang dibutuhkan anak tergantung pada usia, tingkat aktivitas, dan jenis kelaminnya. Untuk usia 3 tahun, anak-anak yang tidak banyak bergerak membutuhkan 1.000 hingga 1.200 kalori, sedangkan anak-anak yang aktif membutuhkan 1.000 hingga 1.400 kalori.

Sejak usia 4 tahun, anak perempuan aktif membutuhkan 1.400 hingga 1.800 kalori per hari, sedangkan anak laki-laki aktif membutuhkan 1.600 hingga 2.000 kalori setiap hari. Anak perempuan dan laki-laki yang tidak banyak bergerak membutuhkan 1.200 hingga 1.400 kalori setiap hari.

Mengukur porsi makanan untuk anak bisa dilakukan dengan tangan lho.

Sumber : https://health.detik.com/diet/d-5271683/tips-menghitung-asupan-kalori-untuk-anak-usia-prasekolah

You may also like

Leave a Comment