Toge, Sayuran Segar Bernutrisi Tinggi

by joe han
0 comment

KOMPAS.com— Toge atau tauge menjadi trending topik Twitter pada Rabu (9/9/2020). Tetapi tidak jelas mengapa sayuran ini mendadak banyak dibicarakan warganet. Beberapa warganet membicarakan makanan yang menjadikan tauge sebagai bahan utamanya seperti lontong balap, ketoprak atau pecel. Ada pula yang mencari tahu tentang manfaat sayuran dari pertumbuhan kacang hijau ini bagi kesehatan.

Selain rasanya yang segar, apa sih manfaat tauge atau toge ini? Kacang hijau menghasilkan kecambah yang dapat dimakan. Teksturnya yang renyah dan digambarkan memiliki rasa seperti kacang membuat cambah ini digemari. Toge atau tauge sendiri diketahui rendah kalori, mengandung banyak serat dan vitamin. Berikut adalah kandungan dari tauge yang bermanfaat bagi kesehatan.

1. Vitamin K

Menurut Linus Pauling Institute, bakteri di usus besar membuat beberapa vitamin K, tetapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan harianmu.

Tauge merupakan sumber vitamin K yang baik, setiap 1 cangkir kecambah mentah mengandung 34 mikrogram, yang berarti pria mendapatkan 28 persen dari asupan harian yang direkomendasikan, sementara wanita mendapatkan 37 persen.

Vitamin K sangat penting untuk proses pembekuan darah. Ini juga mengatur mineralisasi tulang dan membantu menjaga kepadatan tulang.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam “American Journal of Clinical Nutrition” edisi Juni 2009, protein yang bergantung pada vitamin K menghambat penumpukan kalsium di pembuluh darah, yang menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Vitamin C

Kita mungkin sudah tahu bahwa antioksidan vitamin C akan melindungi sel dari radikal bebas.

Beberapa radikal bebas merupakan produk sampingan dari proses biokimia alami tubuh. Yang lain terbentuk sebagai respons terhadap stres seluler dari berbagai sumber, seperti paparan sinar matahari, kurang tidur, dan asap rokok.

Radikal bebas yang tidak dinetralkan oleh antioksidan akan menempel pada sel-sel sehat, menyebabkan kerusakan dan peradangan yang menyebabkan penyakit kronis.

Vitamin C juga merupakan komponen kolagen jaringan ikat, yang mendukung dan memperkuat kulit, tulang rawan, dan organ.

Satu cangkir tauge mentah mengandung 14 miligram vitamin C. Institute of Medicine merekomendasikan pria mengonsumsi 90 miligram vitamin c setiap hari, sementara wanita harus mendapatkan 75 miligram.

Untuk kamu yang merokok harus menambahkan 35 miligram lagi untuk melawan radikal bebas karena asap rokok.

3. Zat Besi

Sekitar 90 persen zat besi dalam tubuh akan disimpan dan digunakan kembali, tetapi kita masih perlu mengonsumsi dalam jumlah yang cukup untuk mengganti jumlah yang biasanya dikeluarkan dari tubuh setiap hari.

Untuk pria, sebaiknya memenuhi asupan 8 miligram zat besi dalam makanan hariannya, tetapi wanita membutuhkan 18 miligram.

Selain membawa oksigen melalui darah, zat besi mendukung sistem kekebalan tubuh dengan memfasilitasi pertumbuhan sel yang mengatur respons kekebalan dan menyerang sel yang terinfeksi.

Dari 1 cangkir tauge mentah, pria memperoleh 12 persen asupan harian, sementara wanita mendapatkan 5 persen dari asupan harian.

4. Folat

Folat adalah vitamin B yang sangat penting untuk membuat DNA, memproduksi dan memelihara sel baru, serta membuat sel darah merah yang sehat. Fungsi-fungsi ini menjadikannya vitamin penting bagi semua orang, tetapi sangat penting untuk mendukung periode pertumbuhan dari konsepsi hingga remaja.

Wanita membutuhkan asupan folat yang cukup karena mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang yang terjadi pada 28 hari pertama kehamilan.  Untuk setiap satu cangkir toge mentah akan mendapatkan 16 persen dari asupan folat harian.

Tauge dapat membawa bakteri, jadi kecambah mentah harus dihindari oleh anak-anak, wanita hamil, orang tua, dan siapa saja dengan sistem kekebalan yang lemah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Toge, Sayuran Segar Bernutrisi Tinggi”, Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/09/164604520/toge-sayuran-segar-bernutrisi-tinggi?page=all#page2.
Penulis : Dian Reinis Kumampung
Editor : Lusia Kus Anna

You may also like

Leave a Comment