Tren Tanaman Hias Terbaru Tahun 2020

by joe han
0 comment

Tren tanaman hias terbaru tahun 2020 ini mencakup banyak tanaman yang indah dan cantik. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Bagi pecinta tanaman, tren tanaman hias terbaru menjadi salah satu topik yang seringkali mereka cari tahu di internet maupun di lingkungan mereka. Tanaman hias seakan merupakan kebutuhan yang bisa memuaskan batin mereka, dan ingin selalu mereka miliki. Jika Anda juga merupakan pecinta tanaman hias, berbagai tren tanaman terbaru tahun 2020 di bawah ini layak Anda ketahui.

Pohon Cemara Cina (Juniperus chinensis)

Pohon Cemara Cina tampil pada urutan nomor satu jika berbicara mengenai tren tanaman hias 2020. Tanaman yang satu ini memiliki daun yang cantik dan menawan, dengan warna-warni dan bentuk yang cukup menarik. Daunnya yang berbentuk seperti jarum tumbuh ke atas, menciptakan pemandangan yang unik.

Pohon yang satu ini mampu tumbuh 1 hingga 20 meter tingginya, dengan habitat berupa tanah keras serta sinar terik matahari yang cukup panas. Tumbuhan yang satu ini banyak ditemui di Amerika Serikat, dan memiliki daun paling besar berukuran panjang 3 cm. Pohon ini mampu menghasilkan bunga jantan dan betina sekaligus.

Tanaman Bunga Euphorbia (Euphorbia)

Tanaman hias yang satu ini termasuk tanaman hias populer dan terkenal sejak dahulu. Euphorbia berasal dari genus Euphorbia L., dan merupakan famili dari Euphorbiaceae. Di Indonesia sendiri, tanaman bunga Euphorbia bisa dengan mudah tumbuh karena iklim tropis dan cuacanya yang sesuai untuk perkembangannya.

Tanaman bunga Euphorbia yang cantik memang sangat disukai, terlebih karena proses perawatannya yang tidak terlalu sulit. Euphorbia sangat menyukai tempat terbuka, sehingga mampu tumbuh di lingkungan yang terkena sinar matahari hingga selama 8 jam dalam sehari. Idealnya, tanaman ini ditempatkan pada lokasi dengan curah hujan maksimal 3.000 mm per tahunnya.

Tanaman Pakis Buaya (Microsorum musifolium)

Pernahkah Anda melihat tanaman pakis buaya (Microsorum musifolium crocodylus”)? Pohon yang satu ini berasal dari Australia, dan merupakan jenis pakis tropis yang memiliki tampilan begitu anggun dan menawan. Warna daun dari tanaman hias yang booming 2020 ini memang asli hijau lembut, namun inilah yang menyebabkan banyak orang menyukai Pakis Buaya.

Tanaman yang termasuk dalam tumbuhan pakis yang satu ini sangat mudah berkembang dalam naungan, dan lingkungan yang tidak terkena sinar matahari langsung. Akan lebih baik jika Anda menempatkan Pakis Buaya pada tanah yang lembab, namun tidak terlalu basah. Karena lingkungan yang terlalu basah akan menyebabkannya cepat layu dan mati.

Tumbuhan Monstera (Monstera deliciosa)

Jika Anda pernah mengunjungi studio foto yang estetik, pastinya tiruan dari tanaman yang satu ini banyak dipakai untuk berfoto. Ya, tumbuhan Monstera merupakan tanaman hias yang banyak diminati dan dicari informasinya lantaran bentuknya yang unik. Tanaman yang satu ini berasal dari Meksiko, dan sering dijuluki sebagai tanaman Swiss Cheese plant.

Ciri khas dari tanaman Monstera adalah daunnya yang lebar dengan lubang daun memanjang yang terbentuk secara alami. Namun begitu, lubang pada daun ini tidak menyebabkan bentuk daun menjadi berantakan. Tiga jenisnya yang paling terkenal adalah Monstera deliciosa borsigianum, Monstera deliciosa variegata, dan Monstera deliciosa albo variegata.

Tanaman Wandering Jew (Tradescantia zebrina)

Tanaman atau daun Tradescantia memang patut dijadikan sebagai tanaman hias kekinian yang memiliki bentuk daun cantik dan colorful. Tanaman ini memang berasal dari daratan Meksiko, namun kini banyak dijadikan sebagai tanaman hias di Asia bahkan Australia. Daunnya cukup unik, dengan pola seperti kulit Zebra, dan memiliki bentuk daun yang menjuntai.

Tanaman yang satu ini memiliki kebutuhan partial shade akan sinar matahari, atau harus tumbuh dibawah naungan sesuatu. Anda bisa menyiram tanaman ini hanya sekali dalam sehari, namun jangan lupa untuk memberikan media tanah kompos agar Tradescantia tetap subur. Jika Anda ingin memberikan pupuk, sebaiknya dilakukan sebulan sekali dengan pemberian NPK.

Itulah tren tanaman hias terbaru yang mungkin berguna untuk Anda. Jika memang Anda berminat membeli salah satu di antaranya, hendaknya lakukan survey mendalam terkait tumbuhan tersebut. Hal ini dikarenakan tanaman hias biasanya cukup mahal, dan Anda harus berhati-hati ketika akan membeli dan merawatnya.

Sumber :

https://pixabay.com/photos/monstera-leaf-plant-botanica-3404669/

https://shopee.co.id/Tanamam-Tradescantia-zebrina-i.21105762.871759369

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200717135711-277-525863/mengenal-monstera-tanaman-hias-kekinian-berdaun-unik

https://en.wikipedia.org/wiki/Monstera_deliciosa

https://id.haenselblatt.com/crocodile-fern-care-tips

https://id.wikipedia.org/wiki/Euphorbia

https://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-tanaman-hias-jenis-euphorbia

https://id.wikipedia.org/wiki/Juniperus_chinensis

https://bp-guide.id/AX7IRmlw

https://artikel.rumah123.com/12-tanaman-hias-yang-sedang-populer-di-kalangan-pecinta-berkebun-52363

https://www.99.co/blog/indonesia/tanaman-hias-yang-sedang-populer/

You may also like

Leave a Comment