Usia dan Obesitas

by vivanetagnt
0 comment

Masa kini semakin banyak orang yang tinggal di perkotaan mengabaikan kesehatan karena kesibukan rutinitas yang dijalani. Masalah pekerjaan dan tuntutan biaya hidup yang tinggi adalah alasan utamanya. Seiring bertambahnya usia, sel-sel yang menyusun organ tubuh akan mengalami keausan. Penurunan fungsi tersebut akan melemahkan aktivitas fisiologis sel. Aktivitas metabolisme yang berlangsung dalam tubuh akan mengalami penurunan nyata sejalan dengan bertambahnya usia. Bukti jelas yang sangat terlihat, misalnya kesulitan mencerna makanan, gangguan pencernaan, kelemahan aktivitas otot hingga penurunan vitalitas yang di alami orang tua. Bertambahnya usia secara alami berpengaruh langsung pada proses metabolisme dalam tubuh.

Massa otot atau massa lemak

Hal hal tersebut diatas tidak sama terjadi pada setiap orang, pertambahan usia juga menurunkan nafsu makan seseorang. Logikanya, nafsu makan yang menurun akan menurunkan peluang kenaikan bobot badan seseorang. Namun, faktanya tidak demikian. Pertambahan usia justru mempermudah pertambahan bobot tubuh setelah usia mereka menjelang senja. Hal itu disebabkan pertambahan usia akan membuat massa otot mengalami penyusutan. Penyusutan massa otot akan meningkatkan bobot lemak dalam tubuh dan massa lemak justru menimbulkan efek domino pertambahan lemak selanjutnya. Hal ini di sebabkan penyusutan massa otot secara langsung akan menyusutkan dan melemahkan “mesin” pembakar lemak tubuh yang disebut mitokondria.

Penyusutan massa otot yang juga dipengaruhi oleh kurangnya motivasi untuk hidup sehat membuktikan bahwa semakin bertambahnya usia maka semakin lambat pembakaran lemak di dalam tubuh. Keausan organ pencernaan akibat bertambahnya usia juga dapat menurunkan kemampuan absorpsi zat gizi. Kekurangan zat gizi tertentu menjadi pembatas laju pembakaran kalori menjadi energi yang berimbas pada penumpukan lemak dalam jaringan adiposa.

Solusi terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah membiasakan diri berolahraga secara teratur dan menjadikan aktivitas olahraga sebagai bagian dari gaya hidup selain itu diwajibkan makan makanan berserat tinggi seperti sayur dan buah-buahan tertentu. Tubuh perlu aktif bergerak untuk meningkatkan fungsinya dan olahraga adalah cara mudah yang bisa dilakukan. Ketika berolahraga tubuh akan lebih bebas bergerak. Hal ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya bentuk tubuh menjadi lebih baik, kuat dan sehat serta tidak mudah terserang penyakit.

You may also like

Leave a Comment