Virus Corona Dapat Bertahan di Ikan Salmon Beku Seminggu Lebih

by joe han
0 comment

KOMPAS.com – Peneliti China menemukan virus corona dapat bertahan di ikan salmon beku selama seminggu lebih. Temuan baru ini dibuktikan dengan hasil penyelidikan ikan impor yang diduga kuat menjadi sumber infeksi potensial. Para peneliti di Universitas Pertanian China Selatan dan Akademi Ilmu Pertanian Guangdong di Guangzhou menemukan virus corona SARS-CoV-2 pada sampel salmon beku yang disimpan pada suhu 4 derajat Celsius dan dapat bertahan selama delapan hari.

Penelitian ini dirilis pada Minggu (6/9/2020) menjelang publikasi dan peer review atau laporan yang ditinjau sejawat. Dilansir Bloomberg, Selasa (8/9/2020), Otoritas China meyelidiki daging impor kemasan yang diduga sebagai sumber penularan Covid-19 sejak Juni. Hal ini dilakukan setelah pihaknya berulang kali menemukan jejak patogen Covid-18 pada kemasan dan makanan. Menurut pernyataan badan bea cukai China pada Selasa (8/9/2020), ada lebih dari 500.000 sampel makanan yang diuji. Enam di antaranya positif terkontaminasi virus corona SARS-CoV-2. “Ikan yang terkontaminasi SARS-CoV-2 dari suatu negara dapat dengan mudah diangkut ke negara lain dalam waktu satu minggu. Ini adalah sumber penularan (Covid-19) internasional,” kata para peneliti. Ahli mencatat, selama pengiriman dari satu negara ke negara lain, ikan disimpan dalam suhu 0 sampai 4 derajat Celsius.

Hingga Senin (7/9/2020), China telah menghentikan impor dari 56 perusahaan di 19 negara setelah karyawan perusahaan ada yang terinfeksi. Wabah pertama penyakit penyebab pandemi awalnya dikaitkan dnegan Pasar Hewan dan Makanan Laut Huanan di Wuhan, China pada Desember 2019. Namun ahli mencatat, wabah pada bulan JUni di China dikaitkan dengan Pasar Makanan Laut Xinfadi, Beijing. Hingga hari ini, tercatat lebih dari 27 juta orang di seluruh dunia terinfeksi Covid-19 dengan lebih dari 902 ribu orang meninggal dunia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Virus Corona Dapat Bertahan di Ikan Salmon Beku Seminggu Lebih”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/sains/read/2020/09/10/080200823/virus-corona-dapat-bertahan-di-ikan-salmon-beku-seminggu-lebih.
Penulis : Gloria Setyvani Putri
Editor : Gloria Setyvani Putri

You may also like

Leave a Comment